Minggu, 21 Juli 2013

(Bag: 2) CONTOH LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN IKLAN PROMO DJARUM SUPER VERSI SIARAN LANGSUNG PERTANDINGAN PERSIB DI RRI BANDUNG ( PERIKLANAN )

3.2.2.Struktur Departemen Kreatif di LPP RRI
Produser, Tugas yang harus dilakukan oleh pihak tersebut adalah untuk menentukan topik, mengatur format dan mencari bahan atau data yang dibutuhkan dalam memproduksi feature.

PenulisNaskah, Setelah berita dan data serta suara narasumber yang dibutuhkan telah diperoleh, maka kegiatan selanjutnya adalah pembuatan naskah feature. Naskah inilah yang nantikan akan dibacakan dalam siaran feature, selain naskah yang dibacakan oleh narrator, dalam program feature dapat juga diberikan sisipan berupa suara dari narasumber.

Pelaku/Artis, orang yang nantinya akan menjadi pengisi suara (Voice talent).

Penyiar/Operator, Penyiar atau narator adalah orang yang nantinya bertugas untuk membacakan feature dalam siaran radio.Berita/Data, Berita dan data serta suara narasumber adalah bahan-bahan yang digunakan untuk produksi.

3.3.Layanan dan Usaha LPP RRI Bandung
Kegiatan layanan adalah kegiatan melayani keinginan dan kebutuhan publik yang menggunakan jasa RRI, sedangkan kegiatan usaha adalah segala aktifitas untuk memperoleh pendapatan yang sah dengan prinsip saling menguntungkan. Kegiatan layanan dan usaha dilaksanakan dengan sistem satu pintu (one gate system)  yang mengedepankan tata cara pelayanan satu atap (one stop service).

3.3.1.Kegiatan layanan dan usaha LPP RRI terdiri atas:
Layanan Publik, layanan publik adalah kegiatan me;ayani dan memenuhi kebutuhan publik menyangkut jasa siaran dan jasa non siaran yang berorientasi pada kegiatan sosial, dilakukan atas kesepakatan bersama antara LPP RRI dengan pemangku kepentingan (stakeholder).

Berikut jenis-jenis ini adalah usaha layanan publik:
1.Layanan Jasa Siaran Publik, pelaksanaan layanan jasa siaran publik dikoordinasikan dengan Direktorat/ Bagian/ Bidang/ Seksi Program dan Produksi (Penyiaran). Layanan dasa siaran publik berupa penyediaan acara siaran informasi, epndidikan dan hiburan kepada publik, meliputi:

#Promosi mata acara siaran yang patut atau layak untuk dalakukan kerjasama dengan stakeholders guna memperolah pemasukan dana.
#Pola penyiaran yang diinginkan apakah local, regional, maupua nasional, baik sindikasi maupun jaringan.
#Waktu dan durasi serta kekerapan penyiarannya.
#Produksi baik dalam bentuk spot/jingle maupun format lainnya.
#Biaya produksi (production) kerabat kerja sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

2.Layanan Jasa Non Siaran, yaitu pelayanan berupa kegiatan off air untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen ataupun mitra kerja., serta ditujukan untuk kepentingan RRI, mitra kerja dan seluruh stakeholder/publik. Kegiatan layanan ini berkoordinasi dengan Direktorat/Pusbang Diklat/Pusat Pemberitaan/Bagian/Bidang/Seksi terkait dalam hal ini Direktorat/Bagian/Bidang/Seksi Administrasi dan Keuangan serta Direktorat/Bagian/Bidang/Seksi Teknik. Khusus pelayanan jasa usaha yang menyangkut penyewaan asset berupa lahan, gedung/kantor, dan menara/tower harus seizing direksi LPP-RRI, dalam hal ini melalui Direktur Layanan dan Usaha. Ketentuan tariff ditentukan oleh masing-masing cabang/stasiun sesuai dengan kondisi dan situasi daerah setempat.

Pengembangan Usaha, yaitu kegiatan diversifikasi usaha yang dilakukan oleh LPP-RRI atau bersindikasi dengan stasiun televise dan media lainnya. Kegiatan pengembangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik dan hasil usaha dibidang siaran dan non siaran sekaligus meningkatkan kerjasama dengan konsumen/mitra kerja. Pengembangan Usaha (Business Development) terdiri atas:

1.Usaha Siaran Radio, terdiri atas penyelenggaraan iklan korporasi/lintas sektoral, iklan produk, iklan layanan masyarakat, sponsor program, program special, dan iklan barter. Berikut ini pemaparan jenis-jenis iklan yang terdapat pada usaha siaran radio:

#Iklan korporasi/lintas sektoral, meliputi promosi dari perusahaan atau informasi atau penyuluhan yang ditujukan kepada masyarakat oleh lembaga/institusi yang dapat disajikan dalam berbagai format siaran; loose spot, adlib, majalah udara, feature, dialog interaktif, sandiwara, obrolan, siaran langsung, wawancara ekslusif yang menonjolkan promosi individu/institusi/produk;

#Iklan produk, meliputi promosi dari satu produk tertentu yang ditujukan kepada masyarakat yang dapat disajikan dalam format loose spot, adlib, advertorial, kuis;

#Iklan layanan masyarakat, berupa penyampaian imbauan atau informasi mengenai suatu keadaan atau kebijakan pemerintah kepada masyarakat luas yang dapat disajikan dalam format adlib dan loose spot;

#Sponsor program, adalah mata acara siaran yang sebagian atau seluruh biaya ditanggung oleh pihak sponsor berdasarkan ketentuan dan kesepakatan bersama;

#Program spesial, adalah mata acara siaran yang khusus yang sebagian atau seluruh materi siarannya diperuntukkan bagi kepentingan sponsor dan seluruh biayanya ditanggung oleh pihak sponsor berdasarkan ketentuan dan kesepakatan bersama. Contoh blok acara siaran yang dibuat khusus untuk kepentingan mitra kerja;

#Iklan yang bersifat barter, adalah bentuk kerjasama penyiaran iklan yang tidak dilakukan dengan transaksi dalam bentuk uang.

2.Usaha Non Siaran,  Pemberdayaan Aset dan Usaha Baru,  Pemberdayaan asset, yaitu pemanfaatan aset-aset LPP-RRI secara optimal untuk meningkatkan pendapatan. Kegiatan pemberdayaan aset meliputi kegiatan perencanaan, pengelolaan, promosi dan evaluasi terhadap aset-aset yang dimiliki oleh RRI yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang meliputi alat music, auditorium, tanah, lahan, ruangan, menara pemancar, peralatan audio/studio, genset dan jasa (MC, Moderator, Teknisi) kecuali unit transmisi/pemancar dan mobil siaran luar yang masih dipergunakan untuk kegiatan operasional. Perencanaan meliputi kegiatan analisa potensi pemanfaatan aset dan potensi pasar serta melakukan upaya promosi dari seluruh aset RRI. Dalam melakukan perencanaan, pengelolaan pemberdayaan aset berkoordinasi dengan unsur-unsur terkait;

3.Usaha Baru, adalah kegiatan diversifikasi yang dilakukan selain usaha iklan dan pemberdayaan aset. Usaha baru yang dimaksudkan meliputi penciptaan usaha-usaha yang dapat mendukung pemasukan dana bagi LPP-RRI secara sah yang dilakukan dengan memanfaatkan potensi yang ada maupun bekerjasama dengan pihak lain. Contoh : event organizer, production house, multimedia/pengembangan website, jasa tour dan travel, agent/distributor, swalayan/mini market, dll.

Pencitraan, adalah paya membangun citra positif RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik, dilakukan dengan:
#Standarisasi identitas korporat
#Hubungan luar dan media
#Standarisasi identitas korporat

Standarisasi identitas korporat, yaitu adalah kegiatan menegakkan standar identitas lembaga LPP-RRI yang langsung terlihat (tangible) mulai dari atribut organisasi, lambang, pemilihan warna serta berbagai unsur lainnya yang menyangkut identitas RRI.

Standarisasi identitas korporat harus mencerminkan  identitas dasar RRI seperti lambang/symbol/logo, warna korporat, stempel, tagline korporat, jingle.

Pelaksanaannya meliputi:

a.Stationery : (alat tulis kantor) antara lain : kop surat, amplop, ID card, kartu nama;
b.Property : antara lain : baju seragam, papan nama, gedung, peralatan;
c.Aktivitas above the line : representasi identitas RRI melalui media massa dan luar ruang (billboard);
d.Sales Kit (kelengkapan penawaran) : company profile, proposal, CD, booklet, leaflet, format presentasi;
e.Website (situs internet) RRI dan tampilan digital lainnya;
f.Merchandise : dasi, topi, souvenir, kalender;
g.Materi Point of Purchase (POP) : backdrop, banner, spanduk, umbul-umbul.

Termasuk dalam rangkaian kegiatan standarisasi identitas korporat adalah segala usaha-usaha dalam mengaplikasikan standar-standar tersebut dalam kegiatan operasional sehari-hari, serta usaha-usaha memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan standarisasi identitas korport tersebut.

Hubungan luar dan media yaitu:
a.Hubungan kemitraan, publik dan media, adalah kegiatan yang dilakukan baik dengan ikatan kerjasama maupun tidak terhadap mitra kerja untuk peningkatan pencitraan LPP-RRI.
b.Hubungan luar lebih ditekankan pada jaminan kepercayaan terhadap kerjasama yang dilakukan dengan mitra kerja. Contoh : pemutaran iklan sesuai dengan kesepakatan/perjanjian dengan mitra kerja, pemenuhan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan (auditorium, sound system).
c.Hubungan publik dan media” adalah kegiatan layanan yang diarahkan untuk membangun peningkatan membangun peningkatan hubungan dengan publik dan lintas media untuk meningkatkan pencitraan LPP-RRI. Contoh kegiatan : konferensi pers, jumpa pendengar, dll.

3.4.Visi dan Misi LPP-RRI Bandung
Visi LPP-RRI Bandung:

#Menjadi Radio Publik Milik Bangsa,
#Acuan Informasi Terpercaya,
#dan Hiburan yang sehat,
#Pemberdayaan Bangsa, Masyarakat,
#Perekat Budaya, Sejahtera dan Unggul,
#Secara Nasional bertaraf Internasional.

Misi LPP-RRI Bandung:
#Memberi pelayanan informasi terpercaya
#Menjadi wahana kontrol sosial
#Pemberdayaan masyarakat dan mendorong demokratisasi
#Perekat sosial dan keragaman budaya bangsa
#Wahana hiburan yang sehat dan kreatifitas masyarakat
#Melayani siaran untuk kelompok minoritas
#Mendorong pemahaman persepsi tentang gender
#Memanfaatkan dan tanggap teknologi
#Menyelenggarakan siaran internasional
#Memberikan pelayanan jasa-jasa yang terkait dengan kegiatan penyiaran secara operasional guna mensukseskan siaran

3.5.Logo LPP-RRI
[No Images]

3.5.1.Filosofi Logo LPP-RRI
Bentuk Empat Persegi Panjang tanpa sudut dan tanpa garis tepi.

Empat persegi panjang menggambarkan kekokohan dan solidaritas. Sudut yang membulat (tidak runcing) melambangkan fleksibilitas RRI. Tidak adanya garis tepi/batas ataupun bingkai (frame) menunjukkan independensi RRI, serta keterbukaan RRI dapat bekerjasama dengan berbagai pihak.

Tulisan (font-type) “RRI”
[No Images]

Huruf tulisan yang dirancang khusus (tanpa padanan dengan pihak lain), menunjukkan RRI yang kokoh, tegas, dinamis, dan selalu ‘bergerak maju’.

Gambar Pancaran Radio.
[No Images]

Sebuah image yang menggambarkan kuatnya pancaran siaran radio RRI yang makin meluas, menembus batas, dan selalu ‘menuju keatas’. Tiga lapis pancaran yang terlihat pada logo juga melambangkan Tri Prasetya RRI.

Warna Biru, Biru Langit, dan Putih
[No Images]

Untuk mempertahankan tradisi, warna Biru dipilih sebagai warna korporat/lembaga RRI. Warna biru langit ini melambangkan universalitas RRI, sifat mengayomi, teduh dan dapat dipercaya. Warna putih pada tulisan RRI melambangkan kejujuran/kebenaran, ke-berimbang-an, dan akurasi.

BAB IV
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN

4.1.Tahap Pra Produksi Pembuatan Iklan Promo Djarum Super Versi “ Siaran Langsung Pertandingan Persib di RRI Bandung

Berawal sebuah Proposal dari divisi Layaanan Uasaha RRI Bandung yang akhirnya menjadi sebuah ikatan kerjasama dengan Djarum Super. Maka terbentuk sebuah konsep atau ide kreatif iklan Liga Super Indonesia oleh Departemen Kreatif LPP RRI Bandung, terlebih dahulu  client service (AE RRI Bandung) mendapatkan pengetahuan atau informasi tentang produk yang akan menjadi iklan sponsor dari klien, menjadi sebuah arahan pada creative brief sekaligus untuk menjadi bimbingan, pengetahuan dan informasi bagi tim kreatif dalam pengerjaan iklan tersebut nantinya.

Ada beberapa tahapan kerja atau mekanisme dalam Departemen Kreatif, mulai dari pencarian ide (brainstorming) oleh tim, penulisan naskah/script oleh penulis naskah dan diberikan kepada pengarah acara untuk mengatur artis pengisi suara siapa yang akan dipakai dan penentuan operator yang akan ditunjuk dalam produksi iklan tersebut. Di dalam pelaksanaan produksi pada saat rekaman suara, editing, dan mixing dihadiri oleh pengarah acara, operator, artis pengisi suara. Lalu evaluasi produk iklan oleh produser, pengarah acara, dan klien.

4.1.1.Penerimaan Job Request / Marketing Brief
Awal dari pengerjaan iklan oleh Departemen Kreatif yaitu berasal dari sebuah Proposal dari divisi Layaanan Uasaha RRI Bandung yang akhirnya menjadi sebuah ikatan kerjasama dengan Djarum Super. penerimaan pengetahuan atau informasi tentang produk yang akan menjadi iklan sponsor dari klien, menjadi sebuah arahan pada creative brief sekaligus untuk menjadi bimbingan, pengetahuan dan informasi bagi tim kreatif dalam pengerjaan iklan.

Market Djarum Super
Djarum Super adalah produk rokok yang sudah mencapai kedewasaan yang dikeluarkan oleh PT.Djarum yang tergolong pemain besar dalam industri rokok di pasaran. Ada beberapa produk sejenisnya yang menjadi kompetitor langsung maupun tidak langsung dalam industri rokok, yaitu produk Gudang Garam sebagai Market Leader untuk industri rokok, HM Sampoerna adalah Market Leader di LTN dan Philip Moris adalah Market Leader Dunia untuk industri rokok putih. Mereka sama – sama punya jaringan distribusi yang sangat kuat dan merata. Modal yang sama-sama besar yang bisa melakukan kemampuan exposure yang kuat dan konsisten. Dapat dilihat juga Brand Equity yang bisa dibilang hampir sama-sama besar diantara mereka dan kemampuan produksi yang sama-sama konsisten. Dalam hal ini juga bisa dibilang skor 0-0 alias draw. Djarum Super yang mempunyai harga banderol Rp. 8.050 dengan harga batangannya Rp. 700 yang sangat tipis dengan bandingan harga yang dikeluarkan para kompetitor. Secara konten mereka sangat berimbang dan bisa dibilang ini akan bicara faktor context. Inilah yang dapat dikatakan kelas kompetisi.

Disinilah tugas yang diemban departemen kreatif untuk tetap mengingatkan (reminder advertising) melekatkan brandnya Djarum Super di benak konsumen sekaligus membantu dalam peningkatan penjualan dari produk itu sendiri.

a.Brand (merek Djarum Super itu Sendiri)
Djarum Super merupakan produk rokok kretek filter cukup terkemuka di Indonesia dan diakui keberadaan brand-nya. PT. Djarum sendiri mempunyai jaringan distributor yang sangat kuat dan merata. Produk yang tidak baru yamg brand-nya sudah dikenal oleh konsumen.

b.Consumer (konsumen)
Konsumen dari Djarum Super adalah masyarakat perkotaan hingga pedesaan yang sudah cukup umur yaitu usia tujuh belas tahun ke atas. Dan sesuai dengan kemasan dan dominasi merah dan hitam pada bungkus djarum super merepresentasikan karakteristik maskulinitas dan sporti yang ditujukan kepada konsumen yang mempunyai jiwa sporti dan dunia adventure.

c.Opportunity (Kesempatan Djarum Super di Pasaran)
Dalam persaingannya dengan para pemain lama produk rokok menjadi kompetitor langsung maupun tidak langsung dalam industri rokok, yaitu produk Gudang Garam sebagai Market Leader untuk industri rokok, HM Sampoerna adalah Market Leader di LTN dan Philip Moris adalah Market Leader Dunia untuk industri rokok putih. Mereka sama – sama punya jaringan distribusi yang sangat kuat dan merata. Modal yang sama-sama besar yang bisa melakukan kemampuan exposure yang kuat dan konsisten.

Djarum Super dibuat dari paduan tembakau terbaik Jawa dan Madura, serta cengkeh berkualitas nomor wahid. Untuk menghasilkan rokok terbaik, Djarum memproses cengkeh dengan teknologi tinggi menjadi super fine clove. Artinya, cengkeh dirajang sedemikian rupa sampai sangat halus, sehingga memaksimalkan kenikmatan merokok. Di luar semua teknologi yang dipakai, para ahli menjamin kualitas rasa kretek filter yang sesungguhnya. Hal tersebut merupakan tindakan dari produsen Djarum Super

Dari penjabaran tentang karakter produk Djarum super tersebut, Produsen yaitu PT. Djarum mempunyai keyakinan terhadap produknya untuk tetap bersaing sebagai pemain besar dalam industri rokok.

4.1.2.Perencanaan / Strategi Kreatif Pembuatan Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib.

Meeting team (departemen kreatif) untuk mengadakan brainstorming session (pertemuan sumbang saran), dilakukan setelah mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang produk dari Marketing Brief. Yang akhirnya melahirkan atau didapatnya sebuah konsep kreatif dasar (roots).

Sehubungan dengan proposal kerja sama yang telah diajukan LPP RRI Bandung telah diadakan breafing oleh Departemen Kreatif bahwa iklan ini akan menghasilkan benefit antara lain : Pertama,brand image pemasang iklan dikalangan pelaku bisnis akan meningkat, sehingga dapat mengambil keputusan bisnis di Jawa Barat. Kedua, membangun citra positif bagi pemasang iklan. Ketiga, akan lebih mendekatkan bagi pemasang iklan dengan pendengar atau masyarakat lebih khususnya bobotoh bola RRI Bandung. Dan yang keempat akan member tahap kelanjutan yang akan memberikan kontribusi positif yang besar bagi pemasang iklan. Hal itu telah dipertimbangkan dengan produk Djarum Super sesuai dengan kemasan dominasi merah dan hitam pada bungkus Djarum Super merepresentasikan karakteristik maskulinitas dan sporty pada diri konsumen yang cocok penempatannya untuk disiarkan sebagai iklan pada acara Liga Super.

Berikut jadwal penyiaran iklan Djarum Super versi “Siaran Langsung  Persib” yang telah disepakati mulai 7 Mei 2009:

NO

PROGRAM PENYIARAN

SLOT WAKTU

DISIARKAN SAMPAI

JUMLAH PEMUTARAN

1.PROGRAMA 1

07.15

9 Mei 2009

1 kali

2.PROGRAMA 1

11.25

9 Mei 2009

1 kali

3.PROGRAMA 1

14.35

9 Mei 2009

1 kali

4.PROGRAMA 2

09.00 – 09.59

9 Mei 2009

6 kali

5.PROGRAMA 2

10.00 – 10.59

9 Mei 2009

6 kali

6.PROGRAMA 2

12.00 – 12.59

9 Mei 2009

6 kali

7.PROGRAMA 2

15.00 – 15.59

9 Mei 2009

6 kali

8.PROGRAMA 2

19.00 – 19.59

9 Mei 2009

6 kali

9.PROGRAMA 4

19.25

9 Mei 2009

1 kali

10.PROGRAMA 4

21.45

9 Mei 2009

1 kali

Konsep kreatif periklanan dibuat atau diciptakan dengan tujuan mengingatkan (reminder advertising) keberadaan produk dalam menghadapi persaingan. Dan membangun preferensi pada merk tertentu.  Seperti apa yang dilakukan oleh teamwork Produksi LPP RRI Bandung dalam Pembuatan Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib.

1.Tujuan  pembuatan iklan Djarum Super
a.Mengingatkan kembali keberadaan produk dalam menghadapi persaingan;
b.Memposisikan brand Djarum Super di benak konsumen;
c.Membantu menimngkatkan penjualan Djarum Super;

2.Strategi pembuatan iklan Djarum Super
Iklan selain dibutuhkan untuk mendorong penjualan, juga merupakan citra kredibilitas brand dan perusahaan yaitu merupaka tugas dari tim kreatif iklan melalui proses penyampaian pesan yang tepat pada sasaran. Berdasarkan kerjasama pihak LPP RRI dengan Djarum Super yang mempunyai hak untuk ditampilkan brand  atau icon sebagai sponsor tersebut pada iklan liga super siaran langsung Persib. Maka mulai brief dan tujuan pembuatan iklan maka konsep iklan yang telah di dapat mulai di kembangkan menjadi sebuah produksi iklan spot radio. Setelah melewati tahapan kerja atau proses produksi, untuk pembuatan iklan spot iklan itu sendiri dengan strategi penempatan yang akan memberikan kontribusi positif yang besar bagi Djarum Super. Hal yang dipertimbangkan adalah kecocokaan penempatan Djarum Super untuk disiarkan sebagai iklan atau sponsor pada acara Liga Super. Dari Hal yang dipaparkan, maka terbentuklah konsep kreatif “Bobotoh Persib”.

4.1.3.Peranan Departemen Kreatif Pembuatan Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib”
Keunggulan media adalah sebagai tempat atau kendaraan produk dalam mengkomunikasikan pesan kepada konsumen yang sangat mempengaruhi suatu keunggulan yang dimiliki oleh produk Djarum Super dengan cara bagaimana media itu mengkomunikasikan kepada audiensnya, sehingga didapat suatu feedback yang sesuai dengan harapan.

Setiap produk mempunyai keunggulan masing-masing, tinggal cara mengkomunikasikannya aja yang perlu diperhatikan. Price or Taste, jika konsumen tidak melihat harga tetapi rasa untuk memilih suatu produk itu yang dinamakan Konsumen yang loyal (Consumer Taste Oriented), akan tetapi dapat dirasakan suatu produk hamper semuanya mempunyai kesamaan baik itu didalam kandungan didalamnya sampai kepada cara pengemasannya dan tidak ada produk yang dapat bersifat hanya satu-satunya. Bahkan kegiatan kampanye iklanpun hampir tidak ada bedanya. Hal tesebut menjadi sebuah pergerakan suatu produk pada sebuah iklan yang akan mewujudkan harapan dari produk itu. Yang melakukan hal tersebut adalah Departemen Kreatif (badan dalam sebuah biro iklan) yang menghasilkan ide ataupun konsep kreatif sebuah iklan yang terlahir.

Maka akan didapat sebuah pesan atau konsep kreatif yang dapat membedakan dari produk kompetitornya. Selain dari Marketing Brief yang diajukan oleh klien tim kreatifpun melakukan riset atau observasi sederhana untuk menambah pengetahuan atau informasi tentang produk.

4.1.4.Departemen Kreatif Sebagai Pelaksana Kreatif
Munculnya kebutuhan yang berhubungan dengan produk Djarum Super yang diiklankan, sebuah ciri dari adanya persaingan untuk memperebutkan posisi produk yang diiklankan dibenak konsumen. Sebagai jembatannya yaitu konsep kreatif yang relevan dengan produknya dalam sebuah iklan akan menjadi kekuatan pada sebuah iklan yang akan diproduksi. Sebuah karakteristik dari produk di jadikan landasan kreatif dari sebuah iklan yang menjadi pertimbangan tim kreatif yaitu pesan apa yang akan disampaikan pada iklan yang diproduksi.

4.1.5.Departemen Kreatif  Sebagai Pelaksana Produksi
Setelah dibuat konsep kreatif oleh Produser (Creative Director) untuk iklannya selanjutnya memfungsikan kru teknik studio dan rekaman untuk membuat format spot iklan. Sebagai tugas Copywriter yaitu membuat bentuk copy untuk tageline sebuah iklan radio atau biasa disebut script. Selanjutnya art director akan memberikan aspek audio pada rancangan yang telah dibuat oleh copywriter tersebut. Sehingga narator akan membacakan script serta mengisi suara dalam pembuatan jingle, hingga sampai proses pemberian musik dan efek suara yang dilakukan operator studio.

4.2.Produksi Pembuatan Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib”
Insert Iklan Djarum Super ini menggunakan format Jiengle Base. Sesuai persetujuan dengan klien. Dalam merekam script, pesan iklan dalam radio disampaikan melalui suara, yaitu suara orang, suara musik, dan efek-efek suara .

4.2.1.Peralatan rekaman yang tersedia di studo rekaman antara lain:
1.Komputer editing dengan software suara (Cool Edit Pro atau Adobe Audio Pro);
Speksifikasi computer yang dipakai adalah  Pentium IIII, RAM 2 GB MB, CD Burning dan Harddisk yang cukup besar 232 GB, VGA 512 MB dan monitor flat 16 inci. Sound Card (terpasang diluar PC) atau Conventer (external) Pro Tools yang mempunyai lebih dari 4 input dan lebih dari 2 output dengan samplerate : 44.100 KHz-16 bit (kualitas sound DVD)

2.Mixer;
Mixer menjadi piranti yang digunakan untuk mengatur jalur (routing) dan merubah level, serta harmonisasi dinamis dari sinyal audio menggunakan Audio mixing Yamaha 2403 audio mixing console pada aplikasi pertunjukan langsung yang mempunyai jalur masukan (input) biasanya dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

3.Microphone
Microphone yang digunakan adalah Mic Preamp yang memiliki fasilitas Phantom Power (+48 dB).

4.Speaker;
Speaker yang dipakai memiliki kemampuan untuk memproduk Low/High frekuensi dan menggunakan jenis real speakers monitor. Tiga buah jenis speaker yang dipakai adalah buah woofer, midrange, dan twitter.

5.Power Amplifier
Power output atau tenaga keluaran suatu amplifier yang digunakan sudah cukup memadai, dengan power output 100 Watt.

6.Headphone/earphone;
Orang-orang yang hadir dalam ruang produksi ini adalah Oyo Riyadi sebagai Produser atau Creative Director, Syarif Hidayatullah sebagai Operator Studio, Iik Setiawan sebagai ilustrasi musik dan figure suara, Pujo Hastowo sebagai narator, Rini Raeni sebagai figure suara dan saya sendiri sebagai junior copywriter atau penulis naskah.

4.2.2.Format Script
Foramat script untuk di produksi mempunyai pesan menginformasikan dan bagi insert Djarum Super sendiri sebagai strategi iklan kemasan dominasi merah dan hitam pada bungkus Djarum Super merepresentasikan karakteristik maskulinitas dan sporty pada diri konsumen yang cocok penempatannya untuk disiarkan sebagai iklan pada acara Liga Super.

SCRIPT PROMO DJARUM SUPER VERSI SIARAN LANGSUNG PERSIB

SFX               :        MUSIK  JINGLE DJARUM SUPER / SFX BOBOTOH PERSIB                  Hidup Persib…………Bravo Persib maju terus euy …….

NARATOR :      BRAVO  PERSIB BANDUNG !

Liga super Indonesia/ kembali MENYEMARAKAN DUNIA SEPAKBOLA INDONESIA / MELIBATKAN 18  KESEBELASAN/ 578 KALI  PERTANDINGAN DI 18 KOTA DI INDONESIA//

SETIAP PERTANDINGAN PERSIB / AKAN DISIARKAN RRI BANDUNG// DIDUKUNG  OLEH …

OP :INSERT IKLAN DJARUM SUPER ………( CLOSE )

Sumber suara yang di iklankan untuk di rekam di studio rekaman dalam proses produksi di studio rekaman adalah :

1.Sebagai pembawa suaranya yang cocok telah terpilih Pujo Hastowo, karena mempunyai karakteristik suara yang yang unik dari segi artikulasi (pengucapan kata-kata) serta sebagian dari tim produksi menjadi figure suara;
2.Musik yang menjadi latar belakang menjadi latar belakang adalah music tradisional sunda yaitu music degung;
3.Sound efek telah ditentukan oleh operator studio. Dalam hal meningkatkan daya ingat orang terhadap pesan yang diiklankan, dan dengan pertimbangan  tidak membuat tenggelam pesan yang diiklankan;

4.3.3.Tahap Proses Perekaman
1.Tahap Take Voice. Tahap pengambilan suara-suara yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan script yakni suara Pujo Hastowo sebagai narator, Iik Setiawan figure suara, Rini Raeni sebagai figure suara . Pengambilan suara dilakukan di dalam studio (indoor). Dilakukannya take voice indoor  karena agar dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus kaena bebas dari suara-suara yang luar yang tidak perlu.
2.Loading + Editing. Tahap ini memasukan suara hasil take voice kedalam perangkat editing. Dari perangkat ini suara akan diedit sesuai dengan kebutuhan, antara lain menghilangkan noise, atau mengequalize suara sebelum di campurnya dengan efek-efek suara yang terkoleksi di di sond library.
3.Mixing, Tahap pencampuran suara-suara take voice drngan efek suara yaitu suara gong dan hard efek. Dalam pengaturan level volume sumber-sumber suara dilakukan di tahap ini.
4.Transfering. Setelah tahap penyempurnaan selesai maka suara hasil mixing disimpan di hardisk dan dilakukan juga penyimpana pada CD.
4.3.Pasca Produksi Pembuatan Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib”

Setelah produksi rekaman dilakukan beberapa kali tahap penyempurnaan dan evaluasi hasil produksi iklan oleh produser, pengarah acara, dan klien.. Setelah usai, rekaman master untuk dibuat dalam beberapa compack disk (CD).

Copies hasil produksi akan dikirim ke program radio yaitu:

#Progama Satu AM 540 KHZ (Jawa Barat) , Bandung AM 540 Khz. Subang, Purwakarta, Karawang FM 97 Mhz, Sukabumi FM 88,3. Danten FM 98 Mhz dan FM 103,6 Mhz, Garut 103,3 Mhz.
#Programa Dua 96 FM BANDUNG
#Progama 4 FM 96 MHz (Bandung dan sekitarnya)

4.3.1.Evaluasi
Setelah tahap produksi selesai pada tahap penyempurnaan, evaluasi hasil produksi iklan dihadiri oleh Klien, Client Service, Produser, Pengarah Acara, dan orang-orang dari tim kreatif.

Pihak klien menyetujui dengan hasil produksi iklan Djarum Super versi “Siaran Langsung Pertandingan Persib”. Dengan kata lain pihak klien menerima hasil produksi yang dilakukan oleh tim produksi.

4.3.2.Faktor Penghambat
Selama penbuatan iklan Djarum Super dari awal sampai akhir ada beberapa factor yang menjadi penghambat:

1.Kurangnya pendokumenan yang disimpan, serta dalam penyimpanan dokumen pada tim Produksi acak-acakan sehingga dalam melaksanakan pekerjaan jika memerlukan dokumen yang disimpan dapat mengambil waktu yang digunakan pada saat proses produksi.

2.Tidak fokusnya pengerjaan suatu pekerjaan yang dilakukan di Departemen Kreatif karena Anggota tim kreatif tidak hanya menjalankan tugasnya di Departemen kreatifnya saja, hal ini terjadi karena kurangnya personil pada Departemen Kreatif.

4.3.3.Faktor Pendukung
Selain factor-faktor penghambat selama pengerjaan iklan Djarum Super, ada pula faktor pendukungnya, diantaranya yaitu:

1.Sarana dan prasarana yang sangat mendukukng. Seperti peralatan, dan RRI ini mereupakan sebuah stasiun radio multinasional yang cukup besar dan hal tersebut bagi saya mendukung kegiatan selama saya magang.

2.Solidaritas antar Departemen dan digalam Departemen Kreatif itu sendiri cukup baik. Hal itu mungkin karena lingkungan dan budaya LPP RRI Bandung cukup baik dan nyaman. Sehingga menimbulkan atmosfir untuk bekerja yang baik dan dengan hasil yang total dan optimal

3.Adanya usaha yang keras memperbaiki dari personil Departemen Kreatif  ketika ada kesalahan prosedur dalam suatu pekerjaa. Hal ini dikarenakan adanya rasa tanggung jawab yang tinggi dan merupakan  kewajiban mereka.

4.3.4.Tanggapan Klien Terhadap Iklan Djarum Super versi “Siaran Langsunngh Pertandingan Persib”
Klien berharap pembuatan iklan Djarum Super versi “Siaaran LAngsung Persib” ini mampu memberikan dampak positif umumnya untuk semua pihak dan khususnya bagi pihak klien sesuai dengan tujuan pembuatan iklan ini bagi RRI Bandung dan Persib.

BAB V
KESIMPULAN

5.1.Kesimpulan
Berdasarkan hasil studi mengenai pembuatan iklan Djarum Super Versi Siaran Langsung Persib sebagai kegiatan layaanan usaha di LPP RRI Bandung, didapat kesimpulan yaitu:

1.Pembuatan iklan Djarum Super versi Siaran Langsung Persib yang dilakukan Departemen Kreatif di RRI Bandung, telah sesuai dengan teori-teori yang ada, dengan kata lain antara praktek dengan teori mempunyai keselarasan. Mulai dari penerimaan Job Request dan Marketing Brief  yang telah diajukan oleh Clien Service atau AE yang berasal dari klien, perencanaan, sampai meeting team (Depatemen Kreatif), seperti halnya brainstorming session, hingga didapat konsep dasar dan dikembangkan menjadi sebuah konsep kreatif iklan. Semua termasuk kepada tahapan awal atau tahap Pra Produksi.

2.Produksi Pembuatan Iklan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib” di LPP RRI Bandung dikerjakan dengan disiplin dan professional.mulai dari konsep kreatif oleh Produser (Creative Director) untuk iklannya selanjutnya memfungsikan kru teknik studio dan multimedia untuk membuat format spot iklan. Sebagai tugas Copywryter yaitu membuat bentuk copy sebuah iklan radio atau biasa disebut script. Sehingga narator akan membacakan script serta mengisi suara dalam pembuatan jingel, hingga sampai proses pemberian musik dan efek suara yang dilakukan operator studio.

3.Setelah selesai untuk keseluruhan produksinya dan evaluasi hasil produksi iklan oleh produser, pengarah acara, dan klien telah disetujui. rekaman master untuk dibuat dalam beberapa compack disk (CD). Dan copies hasil produksi akan dikirim ke studio programa siaran radio.

5.2.Saran
Sesuai dengan hasil pengamatan padaPembuatan Ilan Djarum Super Versi “Siaran Langsung Persib” di LPP RRI Bandung, ada beberapa saran yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari LPP RRI Bandung, adapun sarannya sebagai berikut:

1.Perlunya ditingkatkan kedisiplinan dan kerapihan dalam bekerja. Dalam pendokumenan yang disimpan, serta dalam penyimpanan dokumen pada tim produksi harus tertata rapi sehingga dapat menunjang dalam pekerjaan dan tidak menghambat waktu pekerjaan yang lain.

2.Penambahan personil pada Departemen Kreatif  yang dapat menyebabkan terfokusnya pengerjaan suatu pekerjaan uang dilakukan di Departemen Kreatif karena Anggota tim kreatif dalam menjalankan tugasnya di Departemen kreatifnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat menghargai apabila anda berkata dengan sopan, Terima kasih atas kunjungannya..